Kota Surga Bersepeda di Dunia

Menggunakan sepeda untuk beraktifitas sehari-hari seperti ke sekolah, kampus atau ke kantor untuk bekerja merupakan impian bagi sebagian orang, selain dapat menghemat biaya karena tidak membutuhkan bahan bakar, bersepeda juga memberi manfaat bagi kesehatan (baca : manfaat bersepeda untuk kesehatan).
mengenal kota sepeda dunia
commons.wikimedia.org
Di Indonesia sendiri ada beberapa kota yang sudah mempunyai jalur untuk sepeda akan tetapi jalur itupun masih banyak yang digunakan bersama dengan pengendara sepeda motor. Penggunaan jalur bersama ini tentunya dirasa kurang aman bagi pengendara sepeda (baca : 7 tips keselamatan berkendara sepeda).

Berikut ini adalah kota-kota di dunia yang menjadi surga bagi pengguna sepeda :

1. Amsterdam, Belanda

Sebagain besar penduduk kota Amsterdam belanda mempunyai sepeda mulai dari anak-anak, orang muda dan orang tua hampir mempunyai sepeda. Ini merupakan wujud keseriusan pemerintah kota Amsterdam dalam mewujudkan kota yang bebas polusi udara sekaligus menjadikan Amsterdam sebagai kota peduli lingkungan.

2. Barcelona, Spanyol

Barcelona’s Bicing Program merupakan salah satu sistem penyewaan sepeda yang ada di kota Barcelona Spanyol. di kota ini banyak memiliki jalur khusus bagi pengguna sepeda, selain itu juga ada program yang mendukung budaya bersepeda seperti car free day, festival of the bicycle dan bike week program. Cara ini memang efektif untuk membuat kota yang bebas dari polusi udara dan membantu untuk mengurangi pemanasan global.

3. Berlin, Jerman

Berlin kota bekas ibukota jerman timur ini sudah memiliki 80 kilometer jalur khusus untuk sepeda bahkan rute-rute bersepeda dimuat pada situs online pemerintah bahkan di berlin membawa sepeda kedalam kereta api dan bus sudah menjadi hal yang biasa.

4. Kopenhagen, Denmark

Di ibukota Negara asal group music Michael Learns to Rock atau yang biasa disebut MLTR ini, satu dari tiga pekerja menggunakan sepeda untuk kendaraan menuju kantornya. Bahkan di salah satu kota yaitu Christiania kendaraan roda empat (mobil) dilarang untuk melintasi jalanan.

5. Paris, Prancis

Paris yaitu sebuah kota yang terkenal dengan menara eiffelnya ini juga merupakan salah satu surge bagi pengendara sepeda. Salah satu penyewaaan sepeda terbesar di dunia dinamakan ofVlib'. Sebanyak 20.000 sepeda didistribusikan di antara 1.450 pusat penyewaan di seluruh negeri. Tersedia dalam beberapa harga sewa (mengendarai sepeda tidak lebih dari 30 menit tidak dikenai biaya alias gratis).

6. Boulder, Amerika Serikat

Salah satu kota kecil di amerika dekat dengan Denver ini mendedikasikan 15 persen dari anggaran transportasi untuk menyediakan dan mempromosikan penggunaan sepeda. Sebagian besar jalan utama dirancang untuk jalur khusus bersepeda, selain itu juga disediakan peta yang berwarna warni bagi pengendara sepeda dan membuat program bersepeda bagi anak-anak sebagai sara transportasi kesekolah.

Related Posts:

0 Response to "Kota Surga Bersepeda di Dunia"

Posting Komentar