7 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

manfaat sepeda untuk kesehatan
pixabay.com
Sepeda merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat murah, selain minim biaya perawatan harga sepeda juga relatif lebih murah dibandingkan dengan kendaraan lainnya.

Sepeda tidak membutuhkan bahan bakar, dengan menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi kita dapat menghemat biaya serta mengurangi polusi udara.

Sepeda digerakkan dengan cara mengayuh pada bagian pedal yang terhubung dengan crankset, gir pada crankset dihubungkan dengan gir belakang menggunakan rantai.

Dengan mengayuh sepeda ini maka akan menggerakkan otot-otot sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 7 manfaat kesehatan tubuh saat bersepeda :
  1. Mengencangkan otot
    • Dengan gerakan mengayuh sepeda otomatis akan melatih otot-otot sehingga kualitas otot tetap terjaga, Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan
  2. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
    • Dengan menggerakkan tubuh secara rutin salah satunya dengan bersepeda maka akan membantu menjaga dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat anda selalu bugar dan berenergi setiap harinya.
  3. Mengurangi stres
    • Bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan, dengan bersepeda anda dapat melihat indahnya pemandangan disekitar anda. sehingga dengan bersepeda dapat membantu untuk mengurangi stres dan depresi.
  4. Menjaga kesehatan jantung 
    • Beberapa penelitian yang melibatkan pria paruh baya menunjukkan adanya efek positif dari bersepeda terhadap fungsi kardiovaskular, karena selama bersepeda jantung berdetak lebih cepat dari biasanya sehingga dengan bersepeda secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung.
  5. Mengontrol diabetes
    • Diabetes dapat dikontrol dengan menjaga asupan gula darah, dengan rutin berolahraga dan aktivitas fisik dapat mengontrol resiko diabetes salah satunya dengan bersepeda. Diabetes meningkatkan risiko berbagai penyakit lainnya seperti penyakit jantung, stroke, kulit, mata, penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya
  6. Membantu menurunkan berat badan
    • Dengan bersepeda dapat membantu anda untuk membakar kalori. Bersepeda dengan kecepatan sekitar 16 km/jam dapat membakar 260 kalori per jamnya. Hal ini menunjukkan bahwa bersepeda memang efektif dalam membantu menurunkan berat badan.
  7. Menurunkan risiko kanker 
    • Risiko penyakit seperti kanker bisa dikurangi secara signifikan dengan melakukan aktivitas fisik rutin seperti bersepeda atau berjalan kaki. Berbagai studi yang melibatkan orang-orang paruh baya menunjukkan bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik secara rutin diketahui memiliki risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang beraktivitas fisik.

Related Posts:

5 Responses to "7 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan"