7 Tips Keselamatan Berkendara Sepeda

cara bersepeda yang baik dan benar
pixabay.com

Indonesia bisa dibilang sebuah negara yang belum ramah bagi pengendara sepeda, karena sebagian besar jalan di yang ada di indonesia belum memiliki jalur khusus untuk pengendara sepeda.

Tanpa adanya jalur khusus bagi pengendara sepeda, maka pengendara sepeda harus berbagi jalur lalu lintas bersama dengan pengendara kendaraan bermotor lainnya dan menjadi satu bagian jalur lalu lintas.

Mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas di indonesia, penting bagi setiap pengendara terutama pengendara sepeda untuk memperhatikan keselamatannya masing-masing.

Berikut adalah tujuh cara aman dalam berkendara sepeda :

  1. Selalu periksa kesiapan sepeda anda.
    • Sebelum menggunakan sepeda anda, sebaiknya periksa segala sesuatu pada sepeda anda,  mulai dari rem yang berfungsi dengan baik, ban yang masih bagus terutama pada ban luar, pemindah gigi bekerja dengan sempurna karena permasalahan pada sepeda dapat mengancam keselamatan di jalan.
  2. Pasang lampu reflector pada bagian belakang sepeda.
    • Memasuki sore menjelang malam hari kemampuan penglihatan pengendara menjadi berkurang, hal ini disebabkan oleh karena kondisi yang semakin gelap. Dengan menggunakan lampu reflector akan membantu pengendara lain dari belakang untuk melihat sepeda anda di yang berada didepannya.
  3. Menggunakan helm
    • Penggunaan helm sangat penting buat keselamatan anda, walaupun tanpa helm saat berkendara dengan sepeda tidak akan kena tilang polisi, menggunakan helm akan dapat melindungi bagian kepala anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  4. Mengenakan pakaian terang atau rompi reflectif.
    • Warna yang terang dapat membantu pengendara lain untuk melihat anda, termasuk ketika terjadi masalah pada sepeda anda. Pada saat melakukan perbaikan sepeda anda, warna yang terang akan membuat pengendara lain untuk melihat anda.
  5. Membawa peralatan dasar.
    • Peralatan dasar dapat membantu anda jika terjadi sesuatu pada sepeda anda seperti misalnya ban pecah. Mungkin saat malam hari tidak ada bengkel yang buka, peralatan dasar seperti obeng, kunci, dan pompa mungkin akan dapat membantu anda.
  6. Gunakan isyarat tangan
    • Jika anda akan berbelok ke kanan maupun kekiri, anda dapat menggunakan isyarat tangan agar pengendara lain dapat lebih berhati-hati jika anda akan berbelok.
  7. Ikutilah selalu peraturan lalu lintas 
    • Mematuhi aturan-aturan lalu lintas, selain menciptakan ketertiban umum juga akan menyelamatkan anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Posts:

0 Response to "7 Tips Keselamatan Berkendara Sepeda"

Posting Komentar