Cara Memilih Sepeda Anak Berbagai Usia

Beragam sepeda untuk anak sekarang banyak ditemukan di pasaran, harganya pun berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Diantara beberapa merk tersebut merupakan merk yang sudah terkenal seperti sepeda polygon, sepeda wimcycle, sepeda united, dan sepeda pacific.

Sedangkan beberapa merk lainnya mempunyai harga yang lebih murah seperti sepeda merk daiyama, polo, new hedgreen dan exotic lainnya.

cara memilih sepeda anak berbagai usia
pixabay.com
Berbagai macam jenis ini dikategorikan sebagai sepeda BMX (diantaranya sepeda ukuran 12,16,18,20) dan sepeda federal atau sepeda gunung (ukuran 24 dan 26). Ukuran tersebut diambil dari ukuran diameter pelek sepeda.

Ukuran ban untuk masing-masing sepeda ini disesuaikan dengan ukuran pada velg sepeda, sedangkan tebal dan tipisnya ban berdasarkan lebar ban yang disesuaikan dengan frame pada sepeda itu sendiri.

Ban yang mempunyai lebar yang lebih tipis biasanya diperuntukkan untuk sepeda lipat dengan lebar 175. Misalnya pada sepeda lipat ukuran 20, akan mempunyai ukuran ban 20 X 175.

Ban pada sepeda BMX akan tampak lebih lebar dari ban pada sepeda lipat dengan ukuran velg yang sama, ban pada sepeda BMX ini biasanya mempunyai ukuran lebar 2.125. sebagai contoh pada sepeda BMX ukuran 20 akan mempunyai ukuran ban 20 X 2.125.

Sedangkan pada sepeda lipat akan mempunyai lebar ban yang lebih tipis, pada sepeda lipat ini lebar ban biasanya dinyatakan dalam 175 sehingga pada contoh sepeda 20 akan mempunyai ukuran ban 20 X 175.

Tips Memilih Sepeda Anak Berdasarkan Usia


Memilih sepeda untuk anak sebaiknya disesuaikan dengan usia anak, sehingga bisa memberikan kenyaman serta memperhatikan faktor keamanan dari anak itu sendiri. Berikut adalah ukuran sepeda dikaitkan dengan usia anak :

Sepeda roda tiga untuk anak usia 1-3 tahun.


Jika anda berencana untuk membeli sepeda untuk anak usia 1-3 tahun pilihan pada usia ini adalah menggunakan sepeda roda tiga, sebuah sepeda yang terdiri dari 1 roda pada bagian depan dan 2 roda pada bagian belakang.

sepeda anak usia 1 tahun
Sepeda Roda Tiga

Sepeda ukuran 12 inci untuk anak usia 2-4 tahun


Jika usia anak anda antara 2-4 tahun maka pilihan sepeda yang sesuai untuk anak anda adalah sepeda 12 (sepeda ukuran 12").

Sepeda ini merupakan sepeda ukuran terkecil yang menggunakan penggerak pedal pada bagian tengah, pada sepeda ukuran 12 ini biasanya terdapat 2 roda bantu pada bagian belakang di samping kanan dan samping kiri.

Cara Memilih Sepeda Anak Usia 2-4 Tahun
Sepeda Ukuran 12

Sepeda ukuran 16 inci untuk anak usia 4-7 tahun


Menginjak usia 4 tahun ukuran sepeda 12 biasanya sudah tidak bisa lagi digunakan oleh anak-anak karena lututnya akan terbentur dengan setang sepeda pada saat memutar pedal sepeda, jadi jika usia anak anda antara 4-7 tahun maka ukuran sepeda yang cocok adalah sepeda 16 (sepeda ukuran 16")

Cara Memilih Sepeda Anak Usia 4-7 Tahun
Sepeda Ukuran 16

Sepeda ukuran 18 inci untuk anak usia 7-10 tahun


Pada beberapa anak usia 7 -10 tahun ukuran sepeda 16" masih bisa digunakan, akan tetapi jika dalam bersepeda gerak badan merasa terbatas maka sepeda 18 (sepeda ukuran 18") bisa menjadi alternative pilihan buat anak anda.

Cara Memilih Sepeda Anak Usia 5-8 Tahun
Sepeda Ukuran 18

Sepeda ukuran 20 inci untuk anak usia 8-13 tahun


Pada saat anak berusia 8 tahun sepeda ukuran 20" menjadi pilihan yang paling tepat buat anak anda, sepeda ukuran 20" ini merupakan salah satu ukuran sepeda yang paling banyak penjualannya di pasaran.

Cara Memilih Sepeda Anak Usia 8-12 Tahun
Sepeda Lipat Ukuran 20

Demikian tips memilih sepeda buat anak, ukuran ini tidak harus mutlak, tetapi disesuaikan dengan postur tubuh anak, sedangkan untuk sepeda Federal atau sepeda gunung biasanya digunakan untuk anak remaja dan orang dewasa.

Related Posts:

13 Responses to "Cara Memilih Sepeda Anak Berbagai Usia"

  1. Open Trip : Pulau Tidung (Jembatan Cinta) Fasilitas Lengkap 2 Hari 1 Malam & 3 Hari 2 Malam View Pantai =-C Pin BB : 26A59E9A & WA : 085775621074

    BalasHapus
  2. pengslsmsn dpat hadiah sepda, krn dilarang oleh kakek dan ibu
    http://mazpoeng.blogspot.co.id/2016/06/sepeda-dan-hadiah-maleman-lebaran.html

    BalasHapus
  3. Anak saya umur 11 tahun, tapi gx mau pake sepeda anak2 maunya sepeda orang biasa,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku umur 8 tahun aku maunya sepeda gunung

      Hapus
  4. dimana saya bisa beli sepeda anak merk sektor gan ? terima kasih

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ada buat referensi
    Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  6. makasih ya infonya 🙏🙏🙏 sangat membantu

    BalasHapus
  7. Saya punya sepeda anak ukuran 20".kira2
    Law diganti dengan ukuran 16" bisa gk ya... Makasih

    BalasHapus
  8. kalau kelengkapan roda ukuran 12 yang bagus seperti apa ya? yang velg nya awet, ban luar dan dalamnya nya gak mudah sobek

    BalasHapus
  9. Sepeda lipat uk 20" sebenarnya untuk anak atau dewasa

    BalasHapus
  10. Sepeda lipat uk 20" sebenarnya untuk anak atau dewasa

    BalasHapus
  11. Sepeda yang pakai baterai, kami siap support untuk kebutuhan baterainya. 081 70 3637 426. Sukses selalu utk TS

    BalasHapus