7 Kesalahan Umum Saat Bersepeda

kecelakaan dalam bersepeda
pixabay.com

Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, selain itu bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat memelihara kesehatan tubuh kita.

Saat bersepeda dalam jarak yang jauh, selain stamina yang sehat diperlukan juga cara bersepeda yang tepat dan benar.

Untuk itu, cobalah untuk menghindari kesalahan umum agar kegiatan bersepeda anda menjadi lancar dan menyenangkan.

Berikut ini adalah kesalahan umum yang mungkin dan sering terjadi pada saat berkendara sepeda :

  1. Tidak Mengatur Pemindah Gigi Dengan Benar 
    • Pada menggunakan sepeda dengan pemindah gigi, pemindahan gigi pada saat yang tepat merupakan cara yang sangat baik dan aman untuk bersepeda. Ketepatan ini dapat mencegah kita membuang-buang energi apabila berada pada posisi rasio yang salah serta dapat mencegah kita dari resiko kelelahan dan cedera pada otot.
  2. Posisi sadel
    • Posisi sadel sangat menentukan dalam kenyamanan berkerdara sepeda.
    • Sadel yang terlalu tinggi  dapat menyebabkan pijakan kaki terlalu jauh dari tanah, sehingga bisa terjadi resiko jatuh apabila saat berhenti kaki tidak dalam posisi sempurna.
    • Posisi sadel yang terlalu pendek juga dapat menyebabkan badan menjadi pegal saat berkendara sepeda serta menyebabkan cepat lelah.
  3. Melawan arus lalu-lintas
    • Melanggar aturan merupakan tindakan yang tidak dapat dibenarkan. Selain melawan hukum, melawan arus lalu-lintas juga bisa membahayakan pengendara sepeda itu sendiri maupun pengendara lain, oleh karena itu selalu patuhi rambu lalu lintas karena berdampak pada keselamatan anda dan orang lain.
  4. Mengobrol saat bersepeda
    • Saat bersepeda bersama teman-teman, terkadang pengendara sepeda mengendari sepedanya sejajar sambil mengobrol dengan temannya, hal ini dapat membahayakan keselamatan dalam berkendara.
  5. Mengerem saat tikungan
    • Mengurangi kecepatan saat tikungan sangat diperlukan untuk menghindari pengendara sepeda dari resiko terjatuh, akan tetapi mengerem dengan kekuatan penuh pada saat tikungan dapat menyebabkan resiko terjatuh. Bukan hanya di tikungan mengerem dengan kekuatan penuh pada jalan berkerikil juga dapat beresiko terjatuh.
  6. Mengabaikan Peralatan Keselamatan
    • Menggunakan peralatan keselamatan seperti helm dan pakaian serta lampu reflector di belakang sepeda dapat membantu anda dari kemungkinan yang lebih buruk dalam berkendara.
  7. Melupakan Peralatan
    • Bersepeda dengan jarak yang jauh selain mempersiapkan sepeda dalam kondisi yang baik dan stamina yang sehat juga diperlukan membawa peralatan seperti kunci, obeng, pompa angin serta alat tambal ban untuk jaga-jaga selama di perjalanan.

Related Posts:

0 Response to "7 Kesalahan Umum Saat Bersepeda"

Posting Komentar