Mengenal Frame Sepeda

Frame atau batang sepeda merupakan komponen utama penyusun sepeda, semua komponen penyusun sepeda lainnya akan terhubung kepada frame ini.

Pada dasarnya baik sepeda BMX, sepeda federal, sepeda gunung maupun sepeda ontel mempunyai bagian penyususn frame seperti pada gambar dibawah ini, tetapi beragam model dan bentuk frame yang ada membuat bentuk frame tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

mengenal frame sepeda
en.wikipedia.org


Banyak bahan yang dapat digunakan sebagai frame sepeda diantaranya aluminium, titanium, serat karbon, termoplastik, magnesium, scandium, bambu dan kayu.

Akan tetapi di pasaran, bahan yang umum adalah frame yang terbuat dari aluminium karena harganya yang terjangkau.

Berikut merupakan bagian utama penyusun frame sepeda :

  • Head tube fork 
    • Bagian ini merupakan batang atau tabung kepala / depan, pada tabung ini akan dipasang garpu pada bagian bawahnya sebagai pegangan roda depan dan dipasang setang pada bagian atasnya sebagai pegangan berkendara sepeda.
  • Top tube, Down tube, Seat tube : 
    • Bagian ini merupakan sebuah rangkaian frame segitiga bagian depan, pada tabung duduk (seat tube) bagian atas akan dipasang sadel sebagai tempat duduk dalam berkendara sepeda.
    • Sedangkan pada bagian bawahnya akan dipasang gir dan pedal atau biasa disebut dengan crankset sepeda yang akan menggerakkan sepeda disambungkan dengan rantai pada gir roda belakang.  
  • Seat stays, Chain stays, seat tube 
    • Merupakan sebuah rangkaian frame segitiga bagian belakang dan akan meletakkan gir atau biasa disebut dengan freewhile, baik gir biasa (single freewhile) maupun gir susun (multiple freewhile). 
    • Freewhile inilah yang akan dihubungkan dengan crankset menggunakan rantai.
Demikianlah sekilas mengenai frame / batang sepeda, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuat ataupun merangkai sepeda sendiri sesuai dengan model dan gaya masing-masing.

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Frame Sepeda"

Posting Komentar